Close
Pasien(ODAPUS)     User

Forgot your password?

Submitting Form...

The server encountered an error.

Form received.

Rekomendasi

Relawan

Pesli.org | Penanganan Lupus

CARA PENANGANAN LUPUS

 

 

Mengingat belum ditemukannya satu atau beberapa penyebab terjadinya Lupus, maka pengobatan untuk “menyembuhkan” Lupus lebih ditujukan pada beberapa kedaan di bawah ini:
- Mengurangi gejala seminimal mungkin.
- Mengurangi proses keradangan dalam tubuh
- Mencegah kerusakan organ tubuh
- Mempertahankan fungsi organ
Seyogyanya pengobatan pada ODAPUS disesuaikan dengan kondisi individual. Pengobatan menjadi tanggung jawab bersama antara profesional medik dan pasien.

.

Edukasi


Hindari sinar matahari – Ultra violet
Sinar ultra violet (UV) baik dari sinar matahari maupun buatan (artifisial UV) harus dihindari sebanyak mungkin. Berjalanlah pada selasar pertokoan, gunakan topi atau payung, kenakan sunscreen cream dengan daya proteksi yang disebut SPF (sun protection factor untuk UVB) minimal 30 dan terhadap UVA minimal PA++. Sunscreen harus dipakai sekitar 30 menit sebelum keluar rumah. Pemakaian sunscreen harus diulang-ulang terutama bagi mereka yang sering membasuh wajah / wudhu.


Hindari merokok karena risiko untuk terjadinya serangan jantung atau stroke meningkat pada pasien SLE.
Lakukan latihan teratur setiap hari. Walaupun seringkali anda merasa lelah. Latihan akan memperbaiki sirkulasi darah, mempertahankan kekuatan dan massa otot.
Diet dianjurkan yang kurang mengandung lemak jenuh, tidak mengandung herbal yang memicu sistim imun, suplemen vitamin D diperlukan untuk metabolisme kalsium / tulang serta perbaikan sistim imun.
Hindari atau diskusikan dengan dokter anda bila harus mendapat pengobatan tertentu seperti golongan sulfa, procainamide dan sebagainya. Beberapa jenis obat dapat memperburuk kondisi Lupusnya.


Obat-Obatan



Pemakaian obat tergantung dari kondisi masing-masing pasien. Obat dapat diberikan dalam kombinasi atau tunggal. Namun pada umumnya beberapa jenis obat diberikan bersamaan. Anti Inflamasi Non-Steroidal (AINS)

Beberapa obat anti radang non-steroidal dapat diberikan untuk mengurangi atau mengatasi nyeri atau radang sendi, dan keradangan. Perlu diperhatikan selain manfaatnya, terdapat beberapa efek samping yang dapat melibatkan sistim saluran cerna, saluran kemih dan ginjal serta jantung dan pembuluh darah. Untuk itu perlu diperiksa secara berkala fungsi ginjal, tekanan darah dan beberapa jenis pemeriksaan laboratorium.

Anti Inflamasi Steroid

Obat ini banyak digunakan untuk mengurangi proses keradangan dan menekan sistim imun. Perlu diatur dosisnya dan pemantauan terhadap tekanan darah, gula darah, risiko infeksi, katarak, osteoporosis dan sebaginya.
Pada umumnya obat ini akan digunakan dalam jangka panjang dan dosis dapat berubah-ubah dari waktu ke waktu.

Anti-malaria

Dipakai untuk mengurangi gejala pada kulit dan sendi serta memperbaiki ganguan pada keping-keping darah (trombosit) yang mudah melekat satu sama lainnya. Salah satu efek samping adalah pandangan kabur. Periksalah mata anda sebelum menaggunakan obat ini.

Imunosupresan

Beberapa obat pada kelompok ini dipakai untuk menekan sistim imun dan hasilnya adalah penekanan proses keradangan, baik di sendi atau organ. Efek samping pada darah seperti menurunnya jumlah leukosit dapat meningkatkan risiko terkena infeksi. Perlu pencegahan yang baik terhadap infeksi pada pemakai obat ini. Beberapa contoh yang sering dipakai adalah methotrexate (MTX), leflunomide, sulfasalazine, azathioprine, cyclosporin A, dan cyclophosphamide.

Agen Biologik

Perkembangan terbaru pengobatan SLE adalah menggunakan agen biologik. Agen biologik sebagaimana halnya imunospuresan di atas, akan menekan sistim imun melalui ikatan terhadap molekul yang memperantarai proses keradangan yang dikenal dengan nama “sitokin”. Manakala menggunakan obat ini, perlu dilakuan pemeriksaan terhadap kemungkinan adanya infeksi spesifik seperti tuberkulosis, keganasan (kanker) dan fungsi organ.

Rehabilitasi Medik

Latihan penguatan otot, lingkup gerak sendi dan mengurangi nyeri melalui pengobatan kompres hangat atau dingin, atau menggunakan alat seperti ultra sound (US) dan lain sebagainya diperlukan untuk mempertahankan massa otot, menghindari kekakuan sendi, mengurangi risiko munculnya sumbatan pada pembuluh darah.

Perhimpunan SLE Indonesia

Carstenz Building, 2nd Floor, Immortal Complex

Jl. Pekapuran Raya No. 32 Sukatani – Tapos – Depok, 16954 Indonesia

e-mail : info@pesli.org